Harddisk eksternal / Hard Drive tidak terbaca

karena kebutuhan media penyimpanan yang makin membekak dan harddisk internal pun tak mampu menampung lagi akhirnya gue putuskan untuk membeli hard disk external secara online..
awal dateng ya jelas seneng.. tetapi begitu dicolok disinilah masalah timbul, harddisk pun tak terbaca.. panik, stress mulai melanda.. dalam pikiran (duit ini duit coy!!! udah nabung lama-lama dapet kaya beginian)
yah tapi sebelum stress berlebih gue coba kutak katik dulu... AHAAA! ini dia masalahnya!

jika anda mengalami masalah yang sama disini saya ingin sharing aja.
ikuti langkah saya. (disini saya menggunakan windows)

klik kanan pada my computer > lalu klik manage
nanti akan muncul "computer management"

klik "disk management" yang ada di list computer management
nah disini lah saya menemukan masalahnya..
*lihat gambar


harddisk external saya ternyata "unallocated", apa artinya? bayangkan saja harddisk ini bagaikan tanah kosong tapi tanpa ada rumah sebagai tempat penampungnya (*bayu sotoy*) :D

mari kita buat rumah biar bisa nampung-nampung..
klik kanan pada harddisk yg tidak terbaca > lalu pilih "create" (saya lupa apa pastinya tulisannya, tapi cari saja yg ada kata "create")

langkah selanjutnya saya lupa, dari pada ngaco mending gak saya tulis, tapi ini mungkin membantu "pada langkah selanjutnya saya memilih sebagai (primary partition dan formatnya NTFS)"  yang ngalamin ini dan mengikiti langkah tadi mudah-mudahan paham ya :) semoga membantu :) dibawah ada kasus lain simak kalo belum menemukan solusinya.



KASUS LAIN
harddisk tidak unallocated tapi tidak ada di explore?

saya juga mengalami ini pas nyolok ke komputer lain, mohon ijin sharing lagi.

langkahnya sama kaya diatas, main-main sama si computer management (klik kanan pada my computer > manage)
dilihat di harddisk management ternyata terbaca, tapi kok gak muncul ya?

coba ikuti ini.
klik kanan pada harddisk anda yang tidak terbaca > pilih Change Drive letter and patch

nanti bakal muncul jendela.. di add aja.

sehabis di add akan muncul kaya di gambar (gambar yg saya gunakan adalah screenshot harddisk saya yg sudah terbaca dan jadi tulisannya mati)


 
pilih assign the following drive letter lalu isi lah kolom itu dengan letter drive yang belum terpakai.contohnya : G

setelah itu OK!

lalu lihat apakah harddisk anda sudah terbaca? jika sudah ya alhamdulilah :)
semoga berguna dan membantu ya :)


1 komentar:

  1. z sdah klik knan tapi tdk ad tanda2 adany kata CREATE ?? trus gmna donkk??

    BalasHapus